Minggu, 31 Mei 2020

Kumparan, Aplikasi Berita Kekinian bagi Kaum Milenial

at Mei 31, 2020

Saat ini kemajuan teknologi sangat pesat. Banyak hal yang disajikan secara digital termasuk informasi. Pada zaman dahulu orang-orang mengetahui berita terbaru dengan membaca koran atau dengan menonton berita di televisi. Kelemahan dari menonton berita di televisi adalah kita harus meluangkan waktu pada jam tertentu untuk menonton berita. Jika kita tidak bisa meluangkan waktu maka kita akan ketinggalan berita. Kelemahan membaca berita di koran yaitu koran sulit untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, saat beberapa orang telah berupaya mengkampanyekan “paperless” sehingga muncullah penyajian informasi secara digital.

Sumber: freepik.com

Sebagai kaum milenial, tentunya kita tidak ingin dianggap gaptek atau tidak up to date. Saat ini para orang tua saja selalu tahu kabar terkini jadi tentunya kita tidak boleh kalah. Oleh sebab itu, informasi merupakan kebutuhan wajib. Saat ini sudah banyak berbagai situs dan aplikasi yang menyajikan berbagai informasi. Karena yang menyajikan berita banyak maka sebagai pembaca kita harus hati-hati dalam menerima berbagai informasi. Jangan terlalu mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas bahkan sampai menyebarkannya.
Kumparan merupakan platform media terpercaya yang menjadi wadah dalam membaca, membuat, dan berbagi beragam berita dan informasi. Kumparan telah melakukan berbagai inovasi salah satunya adalah meluncurkan aplikasi  Kumparan sehingga Kumparan tidak hanya bisa diakses melalui web melainkan aplikasi juga bisa. Penasaran dengan aplikasi Kumparan? Yuk simak ulasannya ya!

Aplikasi Kumparan Sangat Ringan



Sumber: dokumen pribadi


Aplikasi kumparan sudah bisa didownload melalui Google Play Store ataupun Apps Store iOS. Buat kamu yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan di smartphone jangan khawatir karena aplikasi ini sama sekali tidak membuat smartphone kamu lambat. Kamu juga tidak perlu khawatir akan memakan banyak kuota karena aplikasi ini hanya berukuran 12,82 MB.

Topik Informasi Sesuai Keinginan




Sumber: dokumen pribadi

Ketika kamu sudah selesai menginstal maka kamu akan disuruh memilih topik informasi apa yang kamu sukai. Hal ini tentunya sangat membantu kita karena kita tidak perlu melihat berita yang menurut kita kurang menarik.

Konsep Aplikasi Kumparan seperti Media Sosial



Sumber: dokumen pribadi

Kumparan mempunyai tampilan yang kekinian sehingga tidak membosankan. Bahkan bisa dibilang konsep tampilan dari Kumparan mirip dengan konsep sosial media. Kumparan juga memiliki berbagai fitur yang mirip dengan sosial media. Di aplikasi ini kita bisa mengikuti orang lain lho! Misalnya aku ingin mencari akun Lee Min Hoo lalu mengikutinya. Akan tetapi untuk mengikuti seseorang jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu di Kumparan ya!

Menu-Menu Aplikasi yang Sangat Bermanfaat




Sumber: dokumen pribadi

Aplikasi Kumparan memiliki beberapa menu yaitu Trending, Galeri Foto, Video, Krispi, Opini & Cerita serta Peringkat Penulis. Trending merupakan menu yang mampu membantu kita mengetahui informasi apa yang sedang trending atau hits. Galeri Foto merupakan informasi yang memuat banyak gambar. Setiap gambar yang ada dalam artikel dijelaskan secara detail.



Sumber: dokumen pribadi

Kalau kamu sedang bosan membaca, kamu bisa memilih menu video. Menu Video menyajikan berita dengan video, jadi dijamin kamu tidak akan bosan membaca karena penyajian informasi berupa tulisan yang disertai gambar dan musik. Menu Krispi merupakan menu yang sangat cocok bagi kita kaum milenial karena konten pada menu ini sangat kekinian. Selain itu tulisan pada konten ini menggunakan bahasa yang santai dan mudah dipahami, ilustrasi berita tidak hanya menggunakan foto saja namun ada info grafik dan gambar ilustrasi yang didesain khusus. Menu Opini & Cerita berisi mengenai ide-ide atau gagasan dari para pembaca. Jadi Kumparan berusaha melibatkan para pembaca untuk ikut berkontribusi dalam menyalurkan informasi, gagasan dan ide. Peringkat Penulis berisi mengenai peringkat penulis jika ada sebuah campaign.

Kumparan sebagai Pusat Informasi Corona




Sumber: dokumen pribadi

Saat ini seluruh dunia sedang berperang melawan COVID-19. Tidak sedikit media yang menyajikan berita hoax sehingga membuat masyarakat panik. Kamu tidak perlu panik karena kepanikan justru akan membuat kamu stress. Kamu bisa mendapatkan berita terpercaya mengenai corona di Kumparan. Caranya cukup mudah, kamu tinggal klik menu Pusat Informasi Corona di bagian beranda

Konten Tidak Membosankan




Sumber: dokumen pribadi

Kalau kamu membutuhkan konten-konten yang menarik dan tidak membosankan, kamu bisa klik bagian Collection. Pada menu ini berisi kumpulan konten eksklusif mengenai isu menarik. Setiap konten dikelompokkan menjadi suatu kelompok tertentu supaya pembaca lebih mudah mencarinya. Misalnya Collection Di Rumah Saja. Collection ini juga masih dikelompokkan menjadi beberapa kelompok seperti Happy Terus Meski #dirumahsaja, Inspirasi Hiburan #dirumahsaja dan sebagainya. Setiap kelompok tersebut terdiri dari beberapa artikel. Sama seperti media sosial, kamu bisa subscribe collection tertentu supaya kamu tidak ketinggalan informasi yang kamu inginkan.

Mesin Pencari Kumparan





Sumber: dokumen pribadi


Ketika di beranda kamu masih belum menemukan informasi yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan mesin pencari di Kumparan. Ketikan informasi apa yang ingin kamu baca lalu Kumparan akan mencarikannya.

Riwayat Baca


Sumber: dokumen pribadi

Salah satu kelemahan manusia adalah sifat pelupa. Karena padatnya aktivitas terkadang kita membaca berita tidak sampai selesai lalu ketika kita ingin kembali membacanya kita lupa judul lengkap artikelnya. Setelah itu kita kebingungan mencari artikel tersebut. Judul artikel saja bisa dilupain, tapi mantan kok sulit dilupakan ya, eh? Kalau kamu pelupa jangan khawatir pada Kumparan terdapat menu Riwayat Baca. Kalau kamu ingin membaca kembali artikel yang telah kamu baca, kamu bisa mencarinya di menu tersebut.

Berdonasi di Kumparan


Sumber: dokumen pribadi

Hal menarik lainnya yang ada di aplikasi ini adalah kamu bisa menyumbangkan sebagian uang kamu jika kamu memiliki rejeki yang lebih. Kumparan telah bekerja sama dengan Kita Bisa untuk menyalurkan bantuan kamu. Ketika dana sudah terkumpul maka tim Kumparan akan mengupdate infromasi mengenai bantuan yang telah disalurkan. Kalau kamu berminat menyumbangkan dana kepada yang membutuhkan, kamu bisa memilih menu Kumparaan Derma.


Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Kumparan. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk kaum milenial yang tidak ingin ketinggalan informasi namun tidak ingin ribet. Tunggu apalagi yuk instal aplikasi Kumparan!







Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Marathon Blog Berhadiah THR Jutaan Rupiah dari Kumparan. #TenanguntukMenang #BerkahNulisdiRumah

0 comments:

Posting Komentar

 

corat coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review